Saturday, May 28, 2011

....Paguyuban Golek Pawon....

Paguyuban Golek Pawon
(Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, Wonosari)


Paguyuban Golek Pawon. Tidak lama ini telah berdiri sebuah paguyuban yang bernamakan Golek Pawon. Saat pertama kali dengar orang-orang akan menerka apa gerangan arti dari sebuah nama Golek Pawon. Ada yang mengartikan nyari dapur (kata golek dan pawon dari bahasa jawa ini kalau diarikan bahasa Indonesia emang menjadi nyari dapur hehehe ), tetapi sebenarnya nama Golek Pawon merupakan hasil dari kerjasama empat kabupaten bertetangga dan nama Golek Pawon sendiri akronim dari PonoroGo, TrenggaLek, Pacitan dan Wonogiri. (Nah, meskipun Cuma gabungan dari empat Kabupaten tapi jadi nama yang unik kan ?? cerdas dan kreatif :-D !! )
Paguyuban Golek Pawon, konser bersama Bimoli


Paguyuban Golek Pawon pertama kali dicetuskan oleh Sudarno, kepala desa Bangunsari  Kecamatan Banjar Kabupaten Pacitan, yang sekarang turut menjabat sebagai ketua umum PGP (Paguyuban Golek Pawon, disingkat aja ya..sudah ngerti toh artinya hehehe ^.^ ).
Kegiatan dari Paguyuban Golek Pawon ini berfokus pada 4 bidang, yaitu bidang pendidikan, perekonomian dan infrastruktur. Oleh karena bisa dibilang meliputi 4 bidang yang sangat penting dalam kehidupan maka PGP berusaha merangkul semua elemen masyarakat, ada profesor, dokter, wirausaha, PNS, tani dan nelayan. euyyy mulia sekali kan ??.. semoga bisa semakin membangun 4 kabupaten bertetangga tersebut, hayoo apa aja tadi ?? hehe jadi inget ngajar adik-adik di sekolah X-D.

Acara yang diadakan untuk melaunching pun sangat heboh, kegiatan Paguyuban Golek Pawon yang pertama adalah Seminar Pendidikan Nasional yang diadakan pada 26 Mei 2011, setelah itu pada hari Jumat (27 Mei 2011) diadakan Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Purbo Asmoro, dan pada hari Sabtu (28 Mei 2011) dimeriahkan dengan agenda jalan sehat, off road, Reog & Barongsai, kembang api , serta  Gebyar Campursari Didi Kempot Cs.

Paguyuban Golek Pawon, Jalan Sehat
Saat diadakan jalan sehat bersama, wuiishhh...alun-alun Pacitan menjadi rame penuh manusia berkumpul. Sepanjang jalan beraspal yang mengelilingi alun penuh oleh peserta jalan sehat, sedangkan bagian dalam alun-alun penuh dengan peserta lomba masak TUNA ! ( yang patut dicatat dan diingat, lomba masak TUNA ini memiliki jumlah peserta terbanyak, 2000 peserta!, sehingga akhirnya masuk ke dalam rekor MURI indonesia....waowww Dahsyaatt !! :-DDD )

 ehmmm...kalau misalnya lomba masak ikan tuna dengan peserta sebanyak itu, tentunya ikan yang dimasak banyak kan ?? nah kira-kira buat apa ya, ikan-ikan yang sudah dimasak itu?.....ternyata hasil masakan yang sudah jadi dari lomba tersebut dimasak dan dibagikan ke seluruh warga yang datang ke alun-alun ! waaahhhh yuuummyyy :-d !!! (saya termasuk salah satu yang makan gratis dan uenaakk saat itu hehehe )
Paguyuban Golek Pawon, Lomba masak Tuna MURI
Kehebohan demi kehebohan dilaksanakan sesuai rencana launching Paguyuban Golek Pawon ( off road, Reog & Barongsai, kembang api , serta  Gebyar Campursari Didi Kempot Cs, dll), semoga kelak tidak hanya launchingnya saja yang heboh...tetapi juga sepak terjangnya ke depannya semakin mensejahterakan masayakat Ponorogo, Trenggalek, Pacitan dan Wonogiri.

saya Dimas R. Balti dari Pacitan Berbagi Cinta






No comments:

Post a Comment